2

Fakta tentang KOPI….(^,^)…ceck thiz Out yaa…

Seorang teman berkata bahwa kopi itu pahit!…Hoek!…lebih sehat minum susu supaya sehat seperti dia…:)…nice opinion yahh…tapi kenyataannya beliau lebih sering tergolek sakit…heheheh…oke deh…sebelum menjudge segala hal…ada baiknya kita lebih open mind dengan mencari tahu manfaat dan kandungan dari makanan dan minuman yang akan masuk ke tubuh kita…betul?…sib2…

Kopi memang pahit…tapi tidak semua yang pahit2 itu mengandung racun…(ciiee….[:P]…)…pahitnya kopi tidaklah sepahit kehidupan tanpa senyuman…hdeugh,,,beuki jauh ahh…!

Nah dimulai dari KOPI dan ZODIAC :

1.  Dimulai dari Zodiac gw yahh…CAPRICORN

Selalu terlihat simpel dan tidak menyukai hal-hal yang rumit, paling cocok dengan kopi Espresso (bukan double atau triple). Nikmati kopi ini dalam suasana santai setelah menyelesaikan pekerjaan berat di kantor. Pasti efek menenangkannya sangat terasa.

2. AQUARIUS

Aquarius dikenal memiliki sifat sosial yang tinggi. Tampaknya, minuman yang mengandung kafein tidak terlalu penting baginya. Bisa jadi, raspberry tea lebih menarik minatnya.

3. PISCES

Suatu hari, si pisces akan meninggalkan kopi dan beralih pada minuman yang lebih menyehatkan, seperti Teh Cina. Cocok sekali dengan sifatnya yang ‘kalem’ dan memiliki kesiapan penuh dalam menyongsong masa depan.

4. ARIES

Pemilik zodiak ini biasanya memiliki sifat ’sedikit’ keras dan selalu ingin menjadi yang terdepan. Nah, kopi yang cocok buat si Aries adalah Triple espresso, aroma dan rasanya yang kuat kiranya cocok dengan sifat Anda.

5. Taurus

Si Taurus bisanya memiliki sifat sederhana dan bersahaja. Sesungguhnya sifat ini lebih berharga dari apapun di dunia ini. Itulah mengapa Cappucino dengan aroma klasik paling cocok untuk memenuhi seleranya.

6. GEMINI

Warga Gemini memiliki daya pikat yang luar biasa bagi orang lain, selalu membutuhkan teman dan pendapat dari orang lain. Gemini membutuhkan kopi yang bersifat menenangkan. Jika Anda Gemini, jatuhkan pilihan Anda pada Caffe Latte.

7. CANCER

Tenang dan menyenangkan, itulah Cancer! Kopi yang paling cocok bagi pemilik zodiak ini adalah Coffee with Mocha atau tambahkan kopi dengan sedikit cokelat.

8. LEO

Pribadi dengan segudang argumen, memiliki banyak cara untuk mendapatkan keinginannya. Hari-hari si Leo makin ‘hidup’ dengan ditemani secangkir Caramel Macchiato.

9. VIRGO

Sifat khas Virgo ialah memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi, jadi paling cocok dengan Caffe Americano dalam gelas regular dan jangan tambahkan bahan lainnya.

10. LIBRA

Anda yang berteduh di bawah zodiak ini ini seringkali melupakan ‘pertimbangan’ dalam setiap tindakan. Hati-hati karena ini akan membahayakan! Untuk mendapatkan keseimbangan, kopi yang cocok bagi zodiak ini adalah Cafe au Lait.

11. SCORPIO

Memiliki rasa percaya diri yang cukup bagus, jarang merasakan penolakan dari dirinya sendiri. Kopi yang cocok bagi pemilik zodiak ini adalah kopi yang menurutnya memiliki ’sensualitas’ tinggi. Jenisnya dapat dipilih sesuai dengan seleranya, asalkan citarasa dan aromanya cukup tajam.

12. SAGITARIUS

Caramel Latte yang beraroma lembut menggoda sangat cocok dengan watak Sagitarius. Ini sesuai dengan sifatnya yang selalu ingin terlihat menawan, apalagi buat lawan jenisnya.

Nah…sekarang tentang manfaat dari KOPI…~,*

–  80 %  orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari. (samma dunk  ahh….)

– Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf.

Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.

– Kafein membantu Kita untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobain deh mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Kita melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.

– Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.

– Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein. (betul nih…kalu Anda juga menderita sakit ketika menstruasi…bisa di coba…Kafein dapat mnegurangi rasa sakit…(pengalaman pribadi)

– Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

– Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.

– Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.  ( Nahhh…ini udah gw buktikan…slalu riang dan positif!…KOPI rahasianya ^^)

– Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).

– Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.  (serius negh?…..bole di cuba yahhhh….)

– Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.

– Kafein juga melindungi jantung dan kanker.

– Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.  (mungkin minus gula yg banyak yaaa…..:)

– Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.

– Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburan kaum adam.

(sumber: http://epat.songolimo.net)

sumber comotan dari blog tetangga….^^…(http://pipiw.wordpress.com)

Tapi segalanya ada baik buruknya…nah sekarang kekurangan dari KOPI….mangga di teruskan bacaanya ^,*

1.  Lily A.Arya, MD, ketua penelitian dari University of Pennsylvania menjelaskan asupan kafein yang berlebihan merusak otot-otot dasar kandung kemih secara permanen. Tidak hanya itu, kafein yang berlebihan juga mempertinggi risiko terjadinya Alzheimer.

Walaupun kopi  memiliki antioksidan, idealnya kafein yang aman masuk ke dalam tubuh adalah 200-300 mg per hari. Jumlah ini sama dengan 2-3 cangkir. Mulai sekarang, takarlah kopi Anda dengan benar.

2. Dapat mengakibatkan kemandulan. Statistik periset menemukan wanita yang setiap hari mengkonsumsi secangkir kopi mudah mengidap kemandulan daripada mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsinya. Suatu riset terhadap 104 wanita yang sering mengkonsumsi kopi, di antaranya sekitar 50 wanita tidak mudah hamil. Pakar menunjukkan, ini hanya penelitian dalam lingkup kecil, dan tidak dapat pada akhirnya mengkonfirmasi peranan khusus kopi terhadap melahirkan anak. Tapi periset menekankan bahwa kalau tidak dapat menjelaskan sebab kemandulan dari segi kedokteran, maka perlu mempertimbangkan kaitannya kemandulan dengan kafein.

3. Memperbesar resiko kena infark otot jantung.

Dokter Amerika Serikat pernah mengadakan penelitian selama 4 tahun terhadap 858 wanita usia sekitar 45 hingga 69 tahun yang pertama kali mengidap infark otot jantung dan 858 wanita yang tidak pernah mengidap infark otot jantung. Hasil penelitian menunjukkan setiap hari minum lima gelas kopi atau lebih banyak dapat memungkinkan wanita kena resiko mengidap infark otot jantung bertambah 70 persen, dan bahayanya bertambah seiring dengan bertambahnya volume konsumsinya.

4. Mudah mengidap penyakit osteoporosis atau perapuhan tulang.

(Wah…berbanding terbalik dengan pernyataan diatas yahh….)

5. Wanita hamil minum kopi tidak menguntungkan janinnya..wew…..:D

6. Minum kopi juga dapat memicu penyakit kencing manis.

(http://dekkykurniawan.wordpress.com)

Setiap sesuatu itu ada kebaikan dan keburukannya….Seperti dalam Alqur’an…sesuatu yg berlebiha itu tidak baik….terlalu cantik giung…terlalu acak kadut pun hoream ningalina…:D/…huehuehuehe…Semua harus ada porsi2nya….seimbanglah…buat temans yang banyak minum KOPI, ada baiknya diselingi minum air putih…..biar bisa menetralkan…oceh2?…sip!…

Aisyah dan Bandung….udaranya sedkit panas…^,*…

0

…Mayday,,,,Mayday….

Bertepatan dengan tangal 1 mei ini, gw gag mau ketinggalan dengan mengucapkan Selamat Hari Buruh Sedunia kepada kawan2 buruh di Indonesia….tetap semangat dan pantang menyerah!…

Hari buruh itu sendiri adalah hari libur yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial parah buruh. (mas Wiki)

Ada dua orang yang sangat berpengaruh dalam menyumbangkan gagasan untuk menghormati para buruh, yakni Peter McGuire dan Matthew Maguire. Pada 1872, Mcguire dan 100.000 pekerja melakukan mogok masal dalam rangka pengurangan jam kerja. Ditaun 1881, dosq pindah ke St. Louis, Missouri dan mengorganisir para tukang kayu untuk mendirikan sebuah asosiasi tukang kayu, dan McGuire sendiri menjabat sebagai sekretaris umumnya. Untuk nama asosiasinya sendiri bisa dibilang lumayan keren 😀 yaitu “United Brotherhood of Carpenters and Joiners of America”…heheh….sekilas namanya mirip sama persatuan motor2 gede yah,,,,^^…..karena ide McGuire tersebut, inisiatif membentuk perkumpulan pekerja meluas sampai kebeberapa negara., mereka akhirnya merencanakan hari libur tiap senin hari pertama bulan September di hari Kemerdekaan dan hari pengucapan syukur.

Oh iya Petter dan Matthew ini adalah pekerja mesin dari Patterson, New Jersey, Amrik…jauh yah :D…

Nah untuk Mayday yang jatuh tanggal 1 mei itu sendiri berasal dari  hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions karena selain memberikan momen tuntutan delapan jam sehari, memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut. Dan tanggal 1 Mei dipilih karena pada 1884 Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872 menuntut delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886.

Ok,,,,bagaimana suasana hari Buruh tudey in Bandung?…gw kayaknya mesti bawa2 kamera deh,,,tunggu liputan gw selanjutnya…caowwww…..^^…